profil game
Initial State Yang
digunakan sebagai acuan untuk membuat program Tac Tic Toe adalah pembuatan papan
permainanya. Di sini saya menggunakan papan yang berukuran 7x7. Game Tac-Tic-Toe merupakan Permainan
Mental yang dimainkan seorang pemain bermain
melawan AI komputer. Pada game ini akan menampilkan 49 spot yang tersusun dari tujuh
baris dan tujuh kolom. Dalam permainan ini menggunakan dua gambar yaitu Bola
Basket dan Bola Sepak yaitu Bola Basket adalah yang akan digunakan
oleh pemain dan Bola Sepak yang digunakan oleh Komputer. Game ini akan mengasah otak
pemainnya. Pemain dipaksa untuk menerapkan strategi yang tepat untuk
memenangkan game ini. Permainan ini hanya dapat dimainkan oleh satu pemain,
sedangkan Komputer bertindak sebagai lawan.
1.3 RULE :
Aturan main (Rule)
yang digunakan pada games tac
tic toe ini adalah
sebagai berikut:
1. User
memulai permainannya terlebih dahulu, dan user menentukan letak awal mula yang akan dimainkan. User
diberi kebebasan untuk menentukan
awal mula permainanya di mana saja selama berada di papan
permainan.
2. Komputer
diberi pembelajaran untuk menghalangi jalan user untuk mencapai Goal (Tujuan).
3. Komputer
juga diberi pembelajaran untuk memenangkan games ini baik dalam memenangkannya dengan secara
horizontal,vertikal dan diagonal.
1.4 GOAL :
Goal untuk menyelesaikan games Tac Tic
Toe ini adalah membuat sebuah deretan tujuh symbol yang dapat dibentuk secara
vertical, horizontal, diagonal. Games akan berakhir salah satu pemain dapat
membentuk 7 pola seperti dibawah ini :
Goal :
X
|
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
|
|
|
|
|
|
X
|
|
|
|
|
|
|
X
|
|
|
|
|
|
|
X
|
|
|
|
|
|
|
X
|
|
|
|
|
|
|
X
|
|
|
|
|
|
|
KONSEP
AI :
Kecerdasan buatan atau yang sering disebut dengan AI pada game ini terletak
pada computer yang akan bertindak sebagai lawan. Algoritma yang digunakan pada game ini yaitu
algoritma Minimax. Komputer
akan selalu berusaha mengalahkan user. Komputer dapat menyusun strateginya
sendiri agar menjadi pemenang. Keuntungan
yang didapat dengan menggunakan algoritma minimax ini yaitu algoritma minimax mampu
menganalisis segala kemungkinan posisi permainan untuk menghasilkan keputusan
yang terbaik karena algoritma minimax ini bekerja secara rekursif dengan
mencari langkah yang akan membuat lawan mengalami kerugian minimum. Semua
strategi lawan akan dihitung dengan algoritma yang sama dan seterusnya. Ini
berarti, pada langkah pertama komputer akan menganalisis seluruh pohon
permainan. Dan untuk setiap langkahnya, komputer akan memilih langkah yang
paling membuat lawan mendapatkan keuntungan minimum, dan yang paling membuat
komputer itu sendiri mendapatkan keuntungan maksimum. Dalam penentuan keputusan
tersebut dibutuhkan suatu nilai yang merepresentasikan kerugian atau keuntungan
yang akan diperoleh jika langkah tersebut dipilih. Untuk itulah disini
digunakan sebuah fungsi heurisitic untuk mengevaluasi nilai sebagai nilai yang
merepresentasikan hasil permainan yang akan terjadi jika langkah tersebut dipilih.
Biasanya pada permainan tac
tic toe ini
digunakan nilai 1,0,-1 untuk mewakilkan hasil akhir permainan berupa menang,
seri, dan kalah. Dari nilai-nilai heuristic inilah komputer akan menentukan
simpul mana dari pohon permainan yang akan dipilih, tentunya simpul yang akan
dipilih tersebut adalah simpul dengan nilai heuristic yang akan menuntun
permainan ke hasil akhir yang menguntungkan bagi komputer. Dan algoritma greedy juga termasuk di dalamnya.
Algoritma greedy merupakan metode yang paling populer untuk memecahkan
masalah optimasi. Algoritma greedy membentuk solusi langkah per
langkah.Pendekatan yang digunakan di dalam algoritma greedy adalah membuat
pilihan yang tampak memberi perolehan terbaik, yaitu dengan membuat pilihan
optimum local pada setiap langkah dengan harapan akan mengarah ke solusi optimum
global.Prinsip algoritma greedy pada setiap langkah ialah mengambil pilihan
terbaik yang dapat diperoleh saat itu tanpa memperhatikan konsekuensi ke depan,
dan berharap bahwa dengan memilih optimum lokal pada setiap langkah akan
menghasilkan optimum global pada akhir proses.Persoalan optimasi algoritma
greedy disusun oleh elemen-elemen berikut :
1. Himpunan kandidat, yang
berisi elemen-elemen pembentuk solusi.
2. Himpuan solusi, berisi
kandidat-kandidat yang terpilih sebagai solusi persoalan.
3. Fungsi seleksi, dinyatakan
dengan predikat SELEKSI memilih kandidat yang paling memungkinkan mencapai
solusi optimal pada setiap langkah.
4. Fungsi kelayakan,
dinyatakan dengan predikat LAYAK, memeriksa apakah suatu kandidat yang telah
dipilih dapat memberikan solusi yang layak dengan tidak melanggar constraints
yang ada.
5. Fungsi objektif, yang
memaksimumkan atau meminimumkan nilai solusi.Prinsip algoritma greedy pada
setiap langkah ialah mengambil pilihan terbaik yang dapat diperoleh saat itu
tanpa memperhatikan konsekuensi ke depan, dan berharap bahwa dengan memilih
optimum lokal pada setiap langkah akan menghasilkan optimum global pada akhir
proses.
Tampilan
awal main :

Jika
kamu memenangkan permainan maka outputnya :

Jika
kamu kalah dalam permainan maka outputnya:

Comments
Post a Comment