softskill
SOFTSKILL
Game Maker
Game Maker adalah sebuah game engine yang bisa membantu anda
membuat sebuah game komputer tanpa menggunakan codingan yang banyak dengan
bahasa programan. Dengan game maker anda dapat membuat game 2D, 3D atau
multiplayer, dan anda juga mempunyai hak penuh terhadap game yang anda buat.
Sejarah
GameMaker (awalnya bernama Game Maker dan sering disingkat GM)
awalnya dikembangkan oleh Mark Overmars dalam bahasa pemrograman Delphi. Saat
ini dikembangkan dan diterbitkan oleh Yoyo Games, sebuah perusahaan perangkat
lunak di mana Overmars secara tidak langsung terlibat dan pemegang saham besar
GameMaker.
Game Maker awalnya berjudul Animo, dan dimulai sebagai program
untuk membuat animasi 2D. Mark Overmars merilis versi publik pertama dari
GameMaker (versi 1.1) pada tanggal 15 November 1999. Sementara versi Game Maker
memiliki built-in scripting bahasa, yang tidak serumit seperti di versi yang
lebih baru, dan beberapa versi berikutnya Game Maker tidak memiliki dukungan
DirectX.
Setiap rilis utama mereka menambahkan fitur baru yang besar dan
peningkatan stabilitas sambil mendapatkan terus dalam popularitas. Pada tahun
2001, versi 3.0 diimplementasikan DirectX untuk pertama kalinya, sementara
versi 4.0 (dirilis Juli 2001) ditulis ulang dari awal, mengubah interface secara
signifikan.
Bahasa GameMaker
GML adalah bahasa scripting utama yang ditafsirkan mirip dengan
Java kompilasi Just-In-Time yang digunakan dalam GameMaker. Hal
ini memungkinkan pengguna untuk lebih meningkatkan dan mengendalikan desain
permainan mereka melalui pemrograman konvensional, yang bertentangan dengan
sistem drag-and-drop. Sintaks dari GML meminjam aspek dari bahasa lain seperti
C, C + + dan Java, efektif memanfaatkan pemrograman berorientasi objek.
Libraries GameMaker
Dalam Game Maker, serangkaian tindakan drag-and-drop disebut
Libraries. Dalam Game Maker interface, libraries ini ditampilkan sebagai tab
yang berisi ikon yang disebut Actions. Setiap Action adalah script GML atau
fungsi yang pengguna dapat digunakan dalam permainan mereka. Game Maker
dilengkapi dengan set standar perpustakaan yang berisi tindakan yang umum
digunakan oleh kebanyakan game, melainkan juga memungkinkan untuk membuat
libraries menggunakan Library Builder disediakan secara terpisah dari Game
Maker. Ada banyak libraries bahwa pengguna Game Maker dapat men-download untuk
menghindari menggunakan GML untuk mencapai tugas-tugas tertentu. Misalnya, jika
user ingin membuat game 3D yang sederhana tetapi tidak memiliki pengalaman
dengan GML, mereka dapat men-download 3D Libraries.
Kemampuan Grafik
GameMaker terutama berjalan game yang menggunakan grafis 2D.
Kemampuan grafis GameMaker ini mengalami perbaikan yang signifikan dengan
setiap versi rilis utama, memungkinkan untuk fungsionalitas tambahan termasuk
penyesuaian alpha lebih efisien dan pengaturan pencampuran untuk sprite dan
bentuk lainnya. Dengan versi 6.0 (Windows), Game Maker dimasukkan DirectX, yang
memungkinkan fungsi-fungsi grafis yang lebih canggih. Versi 7.0 (Mac OS X)
menggunakan OpenGL untuk membuat sprites.
Dimulai dengan versi 6.0 (Windows), Game Maker menambahkan
Direct3D, yang memungkinkan penggunaan grafis 3D yang terbatas. Untuk versi 7.0
(Macintosh) dan atas, OpenGL digunakan untuk grafis 3D dan juga memungkinkan
dukungan terbatas untuk model 3D yang sederhana. Converter digunakan untuk
membuatnya mungkin untuk menggunakan format 3D yang lebih populer seperti .3
ds, dan .obj untuk digunakan dalam proyek 3D. Paket ekstensi seperti Ogre
digunakan untuk memperluas fungsi dasar Game Maker ini. Hal ini juga mendukung
kemampuan untuk membuat efek partikel seperti hujan, salju dan awan, namun
tidak native dalam 3D kecuali melalui penggunaan Dynamic Link Library. Dukungan
untuk mengedit 32-bit .png file ditambahkan dalam versi 8.0 dari perangkat
lunak yang juga memungkinkan pengguna untuk menggunakan gambar dengan alpha
channel.
Bagian - Bagian GameMaker
Di dalam game maker terdapat baberapa resource yang anda dapat
gunakan untuk membuat sebuah Game dalam game maker.
Sprites:
- Gambar dari semua objek dalam game.
Sound:
- Efek efek suara agar game terasa lebih hidup.
Backgrouds:
- Gambar yang digunakan untuk latar belakang sebuah game yang sedang berlangsung.
Paths:
- Paths adalah lintasan yang diikuti oleh suatu objek dalam game.
Scripts:
- Bahasa Pemrograman pada GameMaker
Fonts:
- Jenis huruf yang digunakan pada game.
Time Lines:
- Pemberian waktu pada objek dalam melakukan suatu Action pada game.
Objects:
- Kumpulan beberapa benda benda yang ada pada game.
Event:
- Pergerakan yang dilakukan oleh suatu objek apabila terjadi suatu peristiwa pada objek tersebut.
Room:
- Ruangan dimana game berjalan dan juga sebagai tempat untuk suatu objek untuk di letakan atau tempat suatu objek untuk bergerak.
Game Option : Pilihan pada game (Option)
Game Information : Informasi yang ada pada game tersebut.
Kelebihan Pada GameMaker
·
Mudah digunakan karena adanya fasilitas Drag and Drop.
·
Tidak terlalu perlu menggunakan Bahasa Pemrograman.
·
Lengkap dengan program pendukung.
·
Dapat membuat jenis game apa saja.
Gambaran Game Yang Akan Dibuat
Untuk gamenya, saya dan teman saya sendiri belum menentukan
judulnya, namun gambarannya seperti ini. Ada seorang tokoh utama yang berusaha
mengumpulkan koin/harta dari start hingga finish. Namun terhalang oleh
rintangan dan monster. Tokoh utama nya pun bisa mengeksekusi monsternya
(diusahakan bisa).
Game ini terdiri dari 2 level. Game akan berakhir bila darah sang
tokoh utama habis, atau waktunya telah habis.
Reference:
Review Game
Saya akan mencoba review Tutorial Membuat Game Shooting dengan
Game Maker
Game ini dibuat
dengan menggunakan Game Maker sebagai game enginenya. Jadi struktur dalam
programming codenya juga berbeda.

Pertama pembuatannya dia mengcreate sprite

Kemudian membuat senapannya dengan
menggunakan edit sprite

Kemudian membuat peluru dengan edit
sprite

Ini hasilnya setelah beberapa objek
digabungkan . Apabila musuh yang berwarna biru ditembak maka akan meledak.
Sumber video : https://www.youtube.com/watch?v=R5AUWXgVSAc
KONSEP GAME
Initial State Yang
digunakan sebagai acuan untuk membuat program Tac Tic Toe adalah pembuatan papan
permainanya. Di sini saya menggunakan papan yang berukuran 7x7. Game Tac-Tic-Toe merupakan Permainan Mental yang dimainkan seorang pemain bermain melawan AI komputer. Pada
game ini akan menampilkan 49 spot yang tersusun dari tujuh baris dan tujuh
kolom. Dalam permainan ini menggunakan dua gambar yaitu Bola
Basket dan Bola Sepak yaitu Bola Basket adalah yang akan digunakan
oleh pemain dan Bola Sepak yang digunakan oleh Komputer. Game ini akan mengasah otak pemainnya.
Pemain dipaksa untuk menerapkan strategi yang tepat untuk memenangkan game ini.
Permainan ini hanya dapat dimainkan oleh satu pemain, sedangkan Komputer
bertindak sebagai lawan.
Aturan main (Rule)
yang digunakan pada games tac
tic toe ini adalah
sebagai berikut:
1. User
memulai permainannya terlebih dahulu, dan user menentukan letak awal mula yang akan dimainkan. User
diberi kebebasan untuk menentukan
awal mula permainanya di mana saja selama berada di papan
permainan.
2. Komputer
diberi pembelajaran untuk menghalangi jalan user untuk mencapai Goal (Tujuan).
3. Komputer
juga diberi pembelajaran untuk memenangkan games ini baik dalam memenangkannya dengan secara
horizontal,vertikal dan diagonal.
Comments
Post a Comment